Rabu, 28 November 2018

#2 Jenis – jenis Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda



      Kebudayaan lokal terdiri dari kebudayaan material/benda dan non material/non benda. Keberadaan kebudayaan lokal dapat menambah alternatif dalam menciptakan karya sebagai sumber inspirasi.
Berikut jenis – jenis kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda.

a.     Kerajinan Batik
Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam(lilin) pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.




b.     Kerajinan Ukir
Seni ukir merupakan gambar hiasan dengan bagian – bagian cekung dan bagian – bagian cembung yang menyusun suatu gambar yang indah. Kerajinan ukir diantaranya berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam.



c.      Kerajinan Anyaman
Anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintetis. Kerajinan yang cukup khas dari Indonesia adalah anyaman bambu dan rotan karena terbuat dari bahan alami yang jumlahnya banyak di Indonesia.


d.     Kerajinan Topeng
Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang bisa diunakan untuk keperluan perlengkapan tari dan hiasan. Kerajinan topeng umumnya dibuat dari bahan kayu.

e.      Kerajinan Tenun
Tenun merupakan hasil kerajinan tradisional yang dibuat dengan teknik dan alat khusus. Ada dua jenis tenun, yaitu tenun ikat dan tenun songket. Keduanya berbeda dalam teknik dan bahan yang digunakan.


f.       Kerajinan Wayang
Wayang adalah seni bercerita tradisional asal pulau jawa yang dibawakan pencerita yang disebut dalang. Jenis wayang kulit terdiri atas wayang kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu.


5 komentar: