Jumat, 30 November 2018

#1 Pengertian Geografi




      Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo dan graphein. Geo artinya “bumi” dan graphein berarti “likisan”, “tulisan” atau “deskripsi. Jadi secara sederhana gegrafi dapat diartikan sebagai ilmu yang meggambarkan atau mendeskripsikan tentang bumi.
Definisi mengenai geografi banyak dikemukakan oleh para ahli, antara lain sebagai berikut.

    1.     Eratosthenes
     Menurut Eratosthenes yang berpendapat pada abad ke-1, istilah geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bentuk muka bumi.

2.     Claudius Ptolomaeus
Pengertian geografi menurut Claudius Ptolomaeus adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.

3.     Immanuel Kant
Geografi adalah sebuah ilmu yang objek studinya adalah berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.

4.     Hartshorne
Menurut Hartshorne pada tahun 1960, geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

5.     Bintarto
Prof. Bintarto berpendapat di tahun 1981 bahwa geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

6.     Ikatan Geografi Indonesia (IGI)
Berdasarkan hasil seminar dan lokakarya di kota Semarang pada tahun 1988, Ikatan Geografi Indonesia atau IGI berpendapat bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan kelingkungan dalam konteks keruangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar