Jumat, 30 November 2018

#2 Jenis Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya


a.  Seni Rupa Murni


Seni rupa murni adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan pada keindahan untuk dinikmati saja, atau ekspresi jiwa seperti lukisan. Dalam pembuatannya, seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan atau estetisnya saja, dan tidak memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.
Seni rupa murni memiliki nilai keindahan tinggi dalam membuatnya. Meskipun fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja. Banyak jenis dari seni rupa murni yang bisa menambah keindahan ketika dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah atau kantor.
Contoh Seni Rupa Murni antara lain.
1.)   Seni Patung 
     Patung merupakan ekspresi dari jiwa manusia. Orang yang membuat patung biasanya berbentuk visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuang utama dari membuat patung adalah keindahan
2.)     Seni Lukis
     Lukisan adalah sebuah seni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat dengna kuas, atau dengan peralatan lain. Kemudian kanvas adalah sebagai medianya. Lukisan adalah contoh seni rupa murni karena hanya sekedar hiasan dinding atau pajangan.

b.  Seni Rupa Terapan


Seni rupa terapan adalah seni rupa yang dibuat untuk dimanfaaatkan bagi kebutuhan manusia, tetapi tetap mempertahankan nilai kesenangan atau keindahannya.

Contohnya seni arsitektur, seni krya, tata busana, dan tata rias.

1.)     Seni Krya
       Seni krya merupakan hasil gagasan, ide, pikiran, perasaan, apresiasi dan ciptaan manusia yang memiliki nilai estetik, yang diwujudkan dalm bentuk benda melalui proses kegiatan kreatif. Seni krya dapat juga dairtikan sebagai hasil daya cipta manusia melalui keterampilan tangan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta umumnya dibuat dari bahan – bahan alam.
   
    2.)     Desain
      Desain merupakan kegiatan reka letak atau perancangan. Pengertian desain saat ini lebih sering digunakan untuk menunjukkan proses perancangan karya – karya seni rupa terapan, seperti desain komunikasi visual, sedesain interior, dan desain produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar