Jumat, 23 November 2018

#1 Masa praaksara






Banyak anggapan yang menyatakan bahwa kebudayaan manusia diawali dari keberadaan tulisan. Namun pada kenyatannya manusia yang hidup pada masa praaksara telah mampu menghasilkan berbagai benda kebudayaan. Meskipun manusia pada masa praaksara belum mengenal tulisan. Kamu dapat menemukan bukti – bukti peninggalan dengan mengnjungi situs – situs purbakala seperti situs manusia purba Sangiran di Jawa Tengah dan situs purbakala Lore Lindu di Sulawesi Tengah.

               Jadi apa yang dimaksud masa praaksara? Istilah praaksara berasal dari kata “pra” yang berarti sebelum dan “aksara” yang berarti tulisan. Jadi masa praaksara berarti masa ketika manusia belum mengenal tulisan. Dalam bahasa Inggris, masa prasejarah disebut prehistoryPrehistory berasal dari kata ''pre'' yang berarti sebelum dan ''history'' yang berarti sejarah. Jadi, prehistory berarti sebelum masa sejarah yang kemudian dikenal dengan masa prasejarah.


    Masa praaksara disebut juga masa ''nirleka''. Nirleka berasal dari kata ''nir'' yang berarti tidak/tanpa dan ''leka'' yang berarti tulisan. Jadi, masa nirleka berarti masa ketika manusia tidak atau belum mengenal tulisan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar